Rabu, 11 Desember 2013

Sedikit Muqaddimah

                             https://fbcdn-sphotos-b-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/t1.0-9/p235x350/998159_720437531329721_889082636_n.jpg


Setelah sekian lama vakum dalam dunia blogging, akhirnya saya muncul lagi kepermukaan. Terakhir saya blogging itu sekitar awal tahun 2012, lalu akhirnya saya kehilangan gairah dalam ngeblog. Saya seperti "kehilangan arah" dalam ngeblog, ketika saya sadar jika memposting software bajakan maka saya akan "panen" dosa. Jika saya sekedar menggunakan software bajakan, setidaknya saya sudah berdosa, apalagi jika saya menyebarkannya keseluruh indonesia ??. Postingan saya terdahulu tidak hanya tentang software bajakan, tapi juga musik dan film bajakan. Dari data yang saya lihat terakhir, blog ini telah diakses lebih dari 10.000 akses, jika "panen dosa" ini bisa ditukar dengan  1 dolar, mungkin saya sudah bisa naik haji lalu membeli hunian mewah di Los Angeles dengan kolam renang yang begitu luas (terlalu berlebihan sih..). Inti dari muqoddimah yang panjang lebar ini adalah, saya kehilangan passion dalam ngeblog, atau dalam bahasa keren dikampus saya, "mutung".


Lalu mengapa saya "mencuat" lagi ke permukaan ?. Sulit bagi saya mengungkapkan faktor "X" ini, tapi mungkin secara halus bisa dibilang ada sebuah "konspirasi" yang memaksa saya kembali ngeblog (Haha..Lebay). Sejujurnya, disisi lain ada rasa rindu untuk ngeblog lagi. Saya berharap, dengan mencoba ngeblog lagi, setidaknya bisa menemukan passion saya lagi. Saya akan mencoba mengubah haluan ngeblog saya. Saya akan membuat kategori khusus diblog ini, mungkin bisa diberi label, "About Me" (mungkiiin). Sekilas blog ini akan terlihat seperti "Blog Curhatan" untuk kedepannya, tapi saya berusaha untuk tidak kebablasan, karena sosial media tidak sepenuhnya "pantas" sebagai tempat curahan hati, tapi Allah Subhanahu Wata'ala lah tempat curhat yang haqiqi. :)


Di kampus saya, begitu banyak "manusia-manusia super", entah itu kemampuan ngodingnya atau  makul lainnya, tapi yang menjadi fokus saya sekarang bukanlah hal itu. Satu hari yang lalu saya mendapat pelajaran yang luar bisa dari seorang teman di kampus. Pelajaran ini jauh lebih penting dari pemrograman, sistem digital, atau lainnya, karena ini pelajaran tentang bersyukur kepada Sang Pencipta alam semesta.


Kadang kita sering lupa untuk bersyukur kepada Allah Subhanahu Wata'ala, bahkan terkadang kita terlalu angkuh untuk bersyukur kepada-Nya. Contoh sederhana, ketika makan, kita enggan berdoa, dan setelah makan pun kita juga masih angkuh untuk berdoa sebagai wujud rasa syukur. Sering kita "mencampakan" Allah Subhanahu Wata'ala. Betapa sombongnya kita, mengucapkan alhamdulillah ketika berdoa selesei sholat pun enggan, bahkan sholat pun kadang kita juga sering lalai, termasuk saya sendiri.

Begitu banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, namun kita hanya sadar akan nikmat makan dan minum, lalu bagaimana dengan nikmat kesehatan, pendidikan, ketenangan jiwa, perlindungan, pemahaman ilmu, dan yang lainnya ? Ya, kita sering lupa akan nikmat Allah yang begitu luas, namun Allah Subhanahu Wata'ala tetap saya mengasihani kita, selalu saja memberi kita nikmat dunia yang tiada henti-hentinya, meski kita terlalu sering "mencampakan"-Nya.


Bagaimana jika kita sampai pada keadaan sangat terdesak, ketika orangtua, teman, saudara, pacar, dosen, gebetan, dan mantan sekalipun tidak mampu memberi bantuan kepada kita ?,  tentu hanya Allah lah satu-satunya  pilihan terakhir kita, meski kita sadar telah "mencampakan"-Nya. Lalu bagaimana jika Allah Subhanahu Wata'ala ternyata juga telah "mencampakan" kita yang notabene sangat kufur akan nikmatnya, kepada siapa kita akan mencari pertolongan ?. Satu pesan yang ingin saya sharing, orangtua, teman, pacar, gebetan, dosen, cleaning service  , atau siapapun lah, mereka pasti tidak akan selalu ada untuk kita, namun ada yang pasti selalu untuk kita, yaitu Allah Subhanahu Wata'ala. :)



Semoga ilmu yang sedikit ini bisa me-refresh iman kita yang semakin hari semakin tegerus. Saya teringat sebuah pesan yang cukup unik, "Smartphone aja di charging, masa iman lu kagak..??". Marilah kita mulai dengan hal-hal yang dianggap sepele, seperti berdoa sebelum dan sesudah makan, berdoa setelah sholat, dzikrullah, dan kalo bisa sempatin juga dhuha. Mengenai dzikrullah, mungkin kedepannya saya bisa sharing tentang "Mantra" yang sangat ampuh bagi saya, In Shaa Allah.. :)


Admin mohon maaf bila ada kesalahan, karena sejatinya admin bukanlah ulama atau bahkan lulusan pondok, namun dengan semangat saling mengingati sesama muslim, mari kita saling berbagi. Semoga kita selalu dapat menginstropeksi diri, khususnya admin sendiri. Dan semoga kita menjadi pemuda/pemudi yang diridhoi Allah Subhanahu Wata'ala..
Allahumma Aamiin..

Huallahu A'lam Bishshawab...

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Status : Mahasiswa Teknik Informatika