Senin, 26 Desember 2011

Tips Mengurangi Dampak Radiasi Monitor



Radiasi yang dihasilkan komputer berdampak kepada kesehatan mata penggunanya. Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi, antara lain: katarak, dermatitis, epilepsi dan cacat bawaan bayi. 

Berikut, akan dijelaskan beberapa tips untuk mengurangi dampak radiasi monitor. =>




1. Pilih Monitor Radiasi Rendah

Pilihlah layar komputer yang daya radiasinya rendah, seperti LCD ataupun LED. Daya radiasi yang dihasilkannya lebih kecil dibanding monitor model CRT. Jika masih harus terpaksa menggunakan monitor CRT/tabung gunakanlah refresh rate 75hz atau lebih karena refresh rate rendah dapat merusak mata.


2. Perhatikan Pencahayaan Ruangan


Lampu yang terlalu terang ataupun gelap gampang menyebabkan mata lelah. Aturlah pencahayaan ruangan yang memadai sehingga mata tidak perlu bekerja keras saat berhadapan dengan monitor.


3. Aturlah Pencahayaan Komputer Anda


Aturlah contrast dan brightness computer Anda sehingga mata terasa nyaman saat menggunakan komputer.


4. Pakailah Kacamata dengan Lensa Khusus untuk Komputer


Saat ini, beberapa perusahaan telah membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, sedangkan bagian bawahnya untuk membaca.


5. Lensa Kontak Silicon Hydrogel



Untuk pengguna lensa kontak, bisa menggunakan lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silicon hydrogel. Silikon ini memungkinkan daya transmisi lebih tinggi dibanding jenis lainnya.


6. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.


Agar pancaran cahaya dari monitor yang terlalu berlebihan dapat sebagian diredam oleh filter monitor.


7.Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor.



Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.


8. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher.



Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomis. Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.


9. Setelah penggunaan komputer selama beberapa jam, istirahatkanlah mata Anda sejenak, baru dilanjutkan lagi.  



Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.


10. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.





Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.



11. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik. 



Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat.


Sekianlah tips dari saya, semoga bermanfaat. (^‿^)



Source : "Dari berbagai sumber"



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Status : Mahasiswa Teknik Informatika