Minggu, 25 Desember 2011

Jangan Saling Menghina Agama Orang Lain

Artikel ini saya dapatkan dari  " Link ini "





Q.S. Al-An’am [6]: 108

Artinya:
Dan janganlah kamu memaki sesembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa dasar pengetahuan. Demikianlah, Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan tempat kembali mereka, lalu Dia akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan.(Q.S. Al-An’am [6]: 108)

Larangan Allah ini ditujukan kepada semua kaum muslimin, bukan kepada Rasulullah saw.. Hal itu karena tidak mungkin Rasulullah saw. melakukan perbuatan keji seperti itu. Beliau tidak pernah menghina dan mencerca.

Sementara kaum muslimin, pada umumnya seringkali melakukan hal keji karena dorongan emosi. Misalnya, ketika kaum muslimin diganggu oleh umat nonmuslim, mereka lantas mencak-mencak, marah, dan bahkan bisa mencaci maki Tuhan umat nonmuslim itu.

Oleh kerena itu, Allah menegaskan larangan ini. Dalam ayat tersebut ditegaskan bahwa seluruh kaum muslimin dilarang memaki Tuhan mereka yang bukan Allah itu, karena mereka juga bisa terpancing emosinya. Nanti mereka pasti balik mencaci maki Allah karena kebodohan mereka.

Sudah menjadi tabiat dasar manusia yang dianugerahkan oleh Allah, bahwa mereka akan selalu menganggap baik apa yang mereka yakini. Umat Islam meyakini bahwa agama Islam ini baik. Umat lain pun pasti manganggap baik agama mereka. Karenanya jika Tuhan mereka dihina, pasti mereka marah dan balik mencaci maki Tuhan umat Islam.



Apakah Allah takut dan merasa rugi jika dicaci maki oleh mereka?

Tidak! Dia tidak takut. Dia tidak akan rugi karena segala apa pun di dunia ini milik-Nya. Dia mengerluarkan larangan itu bukan karena takut atau merasa dirugikan. Allah itu Maha Penyayang, Allah tentunya tidak menghendaki jika hamba-Nya terjebak dalam lingkaran setan, karena luapan emosi atau amarah seperti itu merupakan tipu daya setan.

Jadi, jangan lah saling menghina / mencaci agama orang lain. Jika rasulullah bisa hidup damai bersama orang-orang non muslim, kita pasti juga bisa.

Hidup rukun beragama....!!!    (^‿^)



Source : http://sundagasik.com/refleksi/jangan-hina-tuhan-mereka.html

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Status : Mahasiswa Teknik Informatika