Minggu, 27 November 2011

Menghapus Virus Shortcut tanpa Antivirus



Kali, saya akan memberikan cara agar dapat memusnahkan virus shortcut secara tuntas, tanpa menggunakan antivirus. Pada dasarnya, virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologi, karena virus komputer juga memiliki "Induk Virus". Jadi intinya, saya akan menunjukkan cara menghapus sang "Induk Virus" tersebut. Berikut caranya :

Pertama sekali, hapuslah file Induk Virus dan file duplikat yang dibuat oleh virus termasuk di flash disk. Untuk mempercepat proses pencarian, Anda dapat menggunakan fungsi ‘Search’. Sebelum melakukan pencarian sebaiknya tampilkan semua file yang tersembunyi dengan mengubah pada setting Folder Options.

Jangan sampai terjadi kesalahan pada saat menghapus file induk maupun file duplikat yang telah dibuat oleh virus. Lalu hapus file induk virus yang mempunyai ciri-ciri:

-. Icon ‘Microsoft Visual Basic Project’.
-. Ukuran File 128 KB (untuk varian lain akan mempunyai ukuran yang bervariasi).
-. Ekstesi file ‘.EXE’ atau ‘.SCR’.
-. Type file ‘Application’ atau ‘Screen Saver’.

Kemudian hapus File duplikat shortcut yang mempunyai ciri-ciri:

>. Icon Folder atau icon
>. Ekstensi .LNK
>. Type File ‘Shortcut’
>. Ukuran file 1 KB

Hapus juga file yang .DLL (contoh: ert.dll) dan file Autorun.inf di flash disk atau folder yang di-share. Sementara untuk menghindari virus tersebut aktif kembali, hapus file induk yang mempunyai ekstensi exe.

Reaksi:

1 komentar:

Waw, keren juga....
baru tau bisa kayak gitu...

Nice Info... :D

Posting Komentar

Foto saya
Status : Mahasiswa Teknik Informatika