Selasa, 22 November 2011

Google => Search Engine Yang Sangat Complete


Google  => Search  Engine Yang Sangat Complete



1. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi komputer kian hari kian pesat. Seiiring dengan pesatnya teknologi tersebut membuat sejumlah infrastruktur mulai dari perusahaan,organisasi, pendidikan pelan-pelan mulai menerapkan teknologi komputer ini. Salah satunya yang kian marak dengan teknologi jaringan client-server. Karena dengan teknologi ini semua orang dimudahkan dengan pengaksesan bisa dilakukan dimana-mana dan dapat dilakukan kapanpun saja. Oleh karena itu akhir-akhir ini banyak sekali aplikasi berbasis web (web base) mulai bermunculan. Aplikasi ini sudah diterapkan sejak lama oleh salah satu perangkat lunak terbesar yang bernama google yang kita kenal dengan search engine nya.

Google. Ya, Google. Siapa yang tak tahu dengan mesin pencari (Search Engine) yang satu ini. Semua orang pasti tidak asing lagi dengan mesin pencari raksasa yang banyak diminati oleh banyak kalangan manapun. Jutaan bahkan milyaran orang tiap hari menggunakannya, mulai dari sekedar mencari alamat website, paper atau artikel ilmiah, file audio dan video, serta gambar bahkan sampai download semuanya bisa kita dapatkan dengan cepat dan mudah hanya dengan memasukkan beberapa kata kunci yang ingin kita cari maka mesin pencari yang serba bisa ini pun akan melakukan pencarian. Tetapi tahukah kita selain fitur pencarian tersebut masih banyak lagi fitur-fitur baru yang belum banyak kita gunakan. Fitur baru yang ditambahkan kedalam mesin pencari ini, diantaranya ada gmail (google mail), google maps, picasa, keyhole, google mobile and desktop searching, orkut atau friensternya google, blogger dan google print dan masih banyak lagi yang lainnya. Misi dari google itu sendiri sebenarnya adalah untuk mengoranisir seluruh informasi didunia dan dibuatnya secara universal agar berguna dan dapat diakses oleh siapapun.

Google Application adalah sebuah terobosan baru dalam pengembangan aplikasi perkantoran berbasis jaringan (network), dan merupakan satu hal yang menarik untuk mempelajari dalam pengembangan aplikasi perkantoran yang selama ini merupakan kategori aplikasi yang paling populer karena digunakan oleh hampir semua pengguna komputer di dunia.

B. Tujuan

Berdasarkan uraian pada latar belakang di atas, maka pembahasan dalam paper ini, bertujuan :
  • Mengetahui fitur-fitur layanan yang ada pada Google selain sebagai aplikasipencarian (search engine).
  • Dapat mengimplementasikan atau menerapkan fitur-fitur tersebut ke dalam berbagai bidang baik bisnis atau pendidikan yang berbasis web servis.


2. SEARCH ENGINE

A. Prinsip Umum Search Engine

Untuk mengenal lebih jauh tentang kinerja mesin pencari ini ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, kaitannya dengan masalah arsitektur dan mekanisme dari mesin pencari.

1. Spider: Merupakan program yang mendowload halaman-halaman yang mereka temukan, mirip dengan browser. Perbedaannya adalah browser menampilkan secara langsung informasi yang ada(teks,gambar, dll) sedangkan spider tidak melakukan untuk menampilkan dalam bentuk yang terlihat.

2. Crawler: Program yang dimiliki search engine untuk melacak dan menemukan link-link yang terdapat dari setiap halaman yang ditemuinya.

3. Indexer: Komponen yang berfungsi menguraikan masing-masing halaman dan meneliti berbagai unsure, seperti teks, header, struktur atau fitur dari gaya penulisan, tag HTML khusus, dll.

4. Database: Merupakan tempat untuk menyimpan data-data dari halaman yang telah dikunjungi, didownload, dan sudah dianalisis.waalaikum salam

5. Result Engine: Mesin yang melakukan penggolongan dan penentuan peringkat dari hasil pencarian pada search engine.

6. web server: merupakan komputer yang melayani permintaan dan memberikan respon balik dari permintaan tersebut. Biasanya menghasilkan informasi atau dokumen dalam format HTML.

Komponen-komponen tersebutlah yang sebenarnya bekerja pada search engine untuk menampilkan informasi yang kita cari. Dan pada prinsipnya semua mesin pencari yang memenuhi standart terdiri dari komponen-komponen tersebut diatas.


B. Cara Kerja Search Engine

Search engine, seperti yang banyak kita kenal tidaklah benar melakukan pencarian ke seluruh world wide web secara langsung. Masing-masing pencarian dilakukan dalam database yang menyimpan text dari masing-masing halaman yang ada diluar sana.Text dari halaman demi halaman disimpan didalam server database mereka.

Ketika kita melakukan pencarian web dengan menggunakan search engine, yang dilakukan adalah pencarian salinan halaman yang disimpan pada database mereka yang berisi salinan halaman tersebut pada saat terakhir mereka kunjungi. Ketika kita mengklik link yang disediakan oleh halaman hasil pencarian yang dilakukan oleh search engine, sebenarnya alamat tersebut diberikan oleh search engine yang ada didalam database mereka tersebut.

Database yang ada pada search engine dipilih dan dijaring oleh program robot yang disebut dengan spider. Meskipun mereka “menjaring” halaman yang akan diambil dan disimpan kedalam database mereka, dalam kenyataannya bias dikatakan bahwa mereka mengambilnya dari satu tempat.

Kemudian untuk menemukan halaman potensial lainnya, mereka mengacu kepada link-link yang terdapat pada halaman-halaman yang telah mereka simpan didalam database tadi. Mesin ini tidak dapat menuliskan suatu URL dan

berfikir -halaman yang mana yang akan mereka “coba kunjungi”. Jika suatu halaman web tidak pernah dilink-an dari halaman lainnya, maka spider dari search engine tidak akan menemukan halaman tersebut. Mereka hanya memantaunya dari database yang mereka miliki.

Untuk situs yang benar-benar baru, dan belum ada satu pun situs lain yang membuat link mereka kesitus baru tersebut, maka tentu saja spider tidak akan mengenalnya. Cara untuk membuat agar situs baru tersebut bias terdaftar dalam search engine, khususnya untuk situs yang belum dapat link dari situs lain, adalah dengan memberitahu langsung search engine tersebut bahwa ada situs baru. Hamper semua search engine memberikan fasilitas atau penawaran untuk ini.

Setelah spider menemukan suatu halaman, maka mereka akan mengirimkan hasil penemuan tersebut kekomputer lain agar halaman tersebut diindex. Program ini mengidentifikasi text, link serta isi lain pada halaman tersebut, lalu menyimpannya kedalam file database mereka. Sehingga melalui database tersebutlah bisa dilakukan pencarian kata kunci atau apapun dalam bentuk tingkat lanjut lainnya yang ditawarkan oleh mereka, sampai akhirnya kita menemukan situ itu pada hasil pencarian.


C. Algoritma Search Engine

Google memiliki algoritma yang paling tidak kita dapat mengetahui bagaimana mesin yang dimaksud mampu melakukan pencarian berdasarkan peringkat, sehingga mereka para pemilik situs dapat membuat situs yang mereka kelola dapat dihasilkan pada rangking tinggi, atau dimunculkan awal dari hasil pencariannya. Logikanya ketika kita mencari suatu informasi pada mesin pencari, tentu link yang ditampilkan pada halaman pertama lebih besar kemungkinannya kita tuju dibandingkan dengan halaman kedua, ketiga, dst.
Geser menggeser peringkat hasil pencarian pun terjadi, akibatnya, mereka yang tidak memanfaatkan strategi berdasarkan rahasia yang dipelajari melalui algoritma yang digunakan oleh mesin pencari tersebut akan menempati posisi dibawah sepuluh besar, sehingga halaman situs mereka akan ditampilkan pada halaman berikutnya. Itupun kalau kita masih mau membuka halaman berikutnya dari search engine tersebut.


D. Jenis-jenis Search Engine

Didalam internet banyak sekali mesin-mesin pencari yang dapat kita temukan, mungkin ratusan atau bahkan ribuan mesin pencari. Dan tentunya kapasitas mereka dari waktu ke waktu akan selalu tumbuh dan berkembang. Menurut penilaian dari pihak independent, mereka adalah Alexa dan PageRank pada survey data di akhir bulan September 2006, maka didapat 10 pertama urutan mesin pencari yang popular diinternet sekarang, diantaranya:
  1. Google: http://www.google.com/
  2. Yahoo: http://www.yahoo.com/
  3. Open Directory: http://www.dmoz.com/
  4. MSN: http://www.msn.com/
  5. Live: http://www.live.com/
  6. Altavista: http://www.altavista.com/
  7. AOL: http://www.aol.com/
  8. Alltheweb: http://www.altheweb.com/
  9. Baidu: http://www.baidu.com/
  10. Looksmart: http://www.looksmart.com/
Tentunya masih banyak lagi search engine-search engine yang lainnya yang tidak dapat saya tuliskan semua, namun ada beberapa search engine yang cukup dipandang seperti lycos (www.lycos.com), hotbot (www.hotbot.com), A9 (www.a9.com), dsb. Keliahatan dalam daftar tersebut bahwa Google memang lebih banyak digunakan sehingga menempati urutan pertama.


3. APLIKASI GOOGLE

A. Sejarah Google

Istilah Google dilhami oleh kata “ Googol” yang diperkenalkan oleh Milton Sirotta, keponakan seorang ahli Matematika Amerika bernama Edward Kasner. Istilah ini dipopulerkan dalam sebuah buku berjudul” Mathemathics and the

Imagination” karangan Kasner and James Newman. Istilah “googol” ini berarti sebuah angka yang dimulai dengan bilangan 1 (satu) dan diikuti seratus buah bilangan 0 (nol). Ini terkait dengan misi google untuk mengelola informasi yang tak terbatas dijagad maya.

Google dibangun oleh Larry Page (24 tahun, alumni University of Michigan) dan Sergey Brin (23 tahun, mahasiswa pascasarjana di Stanford University). Pertemuan keduanya tidak begitu direncanakan, dan singkat cerita dimulailah sejarah google yang kita kenal sekarang. Perjalanan dari kedua pemuda iseng menjadi raksasa bisnis seperti sekarang ini tidak mudah, walaupun bisa dibilang cepat sekali.
Kini, google berkembang menjadi portal serba ada dengan puluhan fiturfitur yang hebat dan canggih.

  
B. Kilas balik Google

Berikut ini merupakan data statistik tentang Google dan aplikasi pendukung lainnya, mulai Google ada sampai dengan Google popular seperti sekarang dengan fitur-fiturnya. :

14 September 1997 :Internet domain google.com didaftarkan

21 September 1999 :Google Web Search beta diperkenalkan

Desember 2001 :Peluncuran Google Image Search

April 2002 :Peluncuran Google News

8 Februari 2005 :Peluncuran Google Maps

7 Maret 2004 :Peluncuran Google Desktop

28 Juni 2005 :Peluncuran Google Earth

24 Agustus 2005 :Peluncuran Google Talk

7 Februari 2006 :Integrasi Google Talk kedalam Gmail

13 April 2006 :Peluncuran Google Calendar

10 Oktober 2006 :Peluncuran Google Docs & Spreadsheets

7 Februari 2007 :Gmail dibuka secara bebas


C. Fitur-fitur Google.

Beberapa orang yang pernah mengakses google pada umumnya kebanyakan hanya sebatas pemakaian untuk search engine saja. Namun ternyata banyak sekali fitur-fitur aplikasi didalamnya yang mungkin belum kita manfaatkan, berikut ini beberapa aplikasi google pendukung lainnya yang ada beserta fungsinya:

1. Google Web (http://www.google.com/)

Yaitu merupakan fitur untuk pencarian alamat website, biasanya secara otomatis akan tampil google web setelah kita mengetikkan alamat URLnya pada web browser dengan http://www.google.com.

2. Google Blog Seacrh (http://www.blogsearch.google.com/)
Fitur ini digunakan untuk pencarian blog dengan topic tertentu. Cara yang dilakukan adalah dengan mengetik kata kunci pada kotak pencarian. Kemudian klik search blogs, maka informasi blog yang diinginkan akan diperoleh.

3. Google Book search (http://www.books.google.com)
Google book search ini digunakan untuk menemukan berbagai buku referensi, baik berupa teks atau buku popular.

4. Google Froogle (http://frogle.goole.com/)
Merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan belanja secara online.

5. Google Patent Search (http://www.google.com/patents)
Digunakan untuk pencarian informasi tentang hak paten. Penelusuran ini penting terutama untuk peneliti dalam menghindari adanya duplikasi ide dalam riset.

6. Google Alerts (http://www.google.com/alerts)
Digunakan untuk memberikan alarm/peringatan tentang topic khusus melalui email sehingga informasi yang diterima selalu up to date.

7. Google Catalogs (http://www.catalogs.google.com)
Digunakan untuk pencarian catalog yang bisa dipesan jarak jauh.

8. Google Checkout (http://www.Checkout.google.com)
Digunakan untuk melakukan aktivitas pembelian secara online. Syarat utama harus memiliki account google.

9. Google Dekstop (http://www.dekstop.google.com/)
Sebagai mesin pencari (search engine) pada komputer pribadi kita. Jika google web mencari informasi didunia maya, maka denga google desktop akan menemukan file yang berserakan dihardisk kita dengan cepat.

10. Google Directory (http://www.google.com/dirhp)
Digunakan untuk pencarian website berdasar kategori topik.

11. Google Earth (http://www.earth.google.com)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk menampilkan bola bumi digital. Sehingga kita dapat langsung menjelajah bumi didepan komputer.Google earth merupakan perpaduan antara citra satelit, peta, dan google search yang menampilkan bumi dalam satu sistem informasi.

12. Google Sketchup (http://www.skecthup.google.com)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk membuat model 3D untuk tampilan pada google earth.

13. Google 3D Warehouse (http://www.skecthup.google.com/)
Merupakan salah satu fitur dari google yang digunakan untuk menampilkan model 3D bangunan secara spesifik. Selain itu goole 3D Warehouse juga menyediakan mesin pencari model 3D yang dimilki google.

14. Google Mobile Maps (http://google.com/gmm/)
Fitur Google yang digunakan untuk menampilkan informasi tentang peta dan penentuan arah pada telepon genggam.

15. Google Finance (http://www.finance.google.com/finance/)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang bisnis, keuangan, diagram interaktif, dll.

16. Google Image (http://www.image.google.com/)
Google image merupakan fitur yang digunakan untuk pencarian gambar diinternet.

17.Google Business Solutions (http://www.google.com/services/)
Merupakan fitur solusi bisnis google seperti periklanan menampilkan perusahaan digoogle earth dan sebagainya.

18. Google Maps (http://www.maps.google.com/maps/)
Fitur google yang dapat menampilkan model digital bumi sehingga kita dapat melakukan penjelajahan. Fitur ini lebih sederhana dibandingkan dengan google earth, akan tetapi mempunyai kelebihan dalam menampilkan peta tematik.

19. Google News (http://www.news.google.com/archieveseach/)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk pencarian cerita dan berita baru. Kita dapat mengetikkan kata kunci tentang berita atau cerita yang akan dicari pada kotak pencarian.archievesearch, merupakan fitur baru darai google news yang menyediakan beberapa pilihan berita untuk kita.

20. Google Scholar (http://www.scholar.google.com/)
Digunakan untuk mencari informasi terkait dengan publikasi ilmiah. Dengan fitur ini kita dapat mencari makalah, artikel ilmiah lainnya.

21. Google Toolbar (http://www.toolbar.google.com/)
Merupakan fitur google untuk menambahkan fasilitas google pada web browser.

22. Firefox with Google (http://services.google.com/toolbar/firefox)
Merupakan salah satu web browser gratis yang kini sangat popular. Yang dapat didownload secara gratis melalui Toolbar yang sudah dilengkapi dengan google Toolbar sehingga kita tidak perlu mendownload secara terpisah.

23. Picasa Web Albums (http://www.picasa.google.com)
Picasa merupakan perangkat lunak yang gratis yang digunakan untuk mengumpulkan, mengedit dan mempublikasikan foto dalam bentuk album web.

24. Google Mini (http://google.com/enterprise/mini)
Merupakan bagian dari google toolbar yang mempunyai fungsi mirip dengan google, akan tetapi digunakan untuk solusi bisnis skala kecil. 

25. Google Video (http://www.video.google.com/)
Google video merupakan fitur dari google yang digunakan untuk mencari informasi tentang video dan meng-upload video yang dimiliki oleh kita.

26. Web Search Features (http://google.com/help/features.html)
Merupakan fitur goggle yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang berbagai fasilitas google.

27. Google Code (http://www.code.google.com/)
Fitur google yang digunakan untuk mendapatkan kode program didunia maya secara gratis. Yang memungkinkan kita untuk dapat menggunakan source code untuk berbagai bahasa pemrograman.

28. Google Co-op (http://www.google.com/coop)
Fitur google yang digunakan untuk pengembangan teknologi search engine google.

29. Custom Search Engine (http://www.google.com/coop/cse)
Merupakan hasil pengembangan dari fitur google Co-op. Fitur ini menyediakan lima jenis search engine google, yaitu google US Government, Google Linux, Google BSD, Google Aple Macintosh, dan Google Microsoft.

30. Google Labs (http://www.labs.google.com/)
Fitur google yang digunakan sebagai tempat pengembangan, pembuatan, pengolahan, atau perbaikan fungsi-fungsi google. Sebelum diluncurkan, fungsi google masih dalam pengembangan.

31. Google Code Search (http://wwww.google.com/codesearch/)
Digunakan untuk mencari informasi tentan kode program yang bersifat public (gratis).

32. Google Reader (http://www.reader.google.com)
Google reader merupakan fitur untuk mengingatkan pembaca tentang update pada website atau blog.

33. Google Blogger (http://www.blogger.com)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk penulisan blog (web blog) yang merupakan catatan pribadi harian online.

34. Google Calendar (http://www.google.com/callendar)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk penjadwalan dan berbagai info kejadian.

35. Google Docs & spreadsheets (http://www.docs.google.com)
Fitur dari google yang merupakan produk dari google labs yang sudah direlease. Pada fitur ini kita dapat melakukan pengolahan data secara online.

36. Google Gmail (http://www.gmail.google.com)
Fitur dari google yang memberikan layanan free-email berkapasitas hampir 6 GB.

37. Google Groups (http://www.groups.google.com)
Google groups digunakan untuk mailing list dan grup diskusi diinternet.

38. Google Talk (http://www.google.com/talk)
Google talk merupakan fitur google yang dipakai sebagai alat chatting.

39. Google Translate (http://www.google.com/language_tools)
Fitur dari google yang dipakai untuk penerjemahan kata, kalimat atau web page. Saat ini google translate belum menyediakan bahasa Indonesia.

40. Google Pack (http://pack.google.com/intl/en)
Merupakan fitur google yang digunakan untuk mendapatkan dan mengkoleksi software unggulan yang disediakan oleh google.

41.Google Ad Words (http://adword.google.com/)
Layanan Google yang menawarkan strategi marketing website dengan biaya rendah.

42. Google Help (http://www.google.com/support)
Google Help adalah fitur dari google yang digunakan untuk memberikan semua informasi tentang segala sesuatu tentang google.

43. Calculator
Salah satu fitur google yang digunakan untuk penghitungan angka.

44. Currency Conversion
Fitur yanga ada digoogle untuk mengetehi nilai tukar uang dari sebuah mata uang ke mata uang lainnya.

45. Google Music Trends (http://www.google.com/trends/music/)
Berguna untuk mendapatkan Informasi tentang musik secara online Yang lagi trend.



Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Foto saya
Status : Mahasiswa Teknik Informatika